Jumat, 06 Agustus 2010

THE AUSTRALIAN DAY

Pada tanggal 26 Januari dianggap sebagai the Austarlia Day karena rombongan para Deportan mendarat dan untuk mengalihkan Bendera Inggris yaitu di Port Jackson. Di tempat ini rombongan membuka sebuah pemukiaman dan secara resmi dinyatakan sebagai daerah koloni Inggris di Australia. Jumlah kaum imigran yang datang pertama kali ini berjumlah sekitar 1.500 orang, tentara dan narapidana tiba dari Inggris bersama Gubernur Philip . Propinsi ini diberi nama New South Wales yang memang telah dipakai pada saat sebelumnya. Desa atau kota Port Jackson kelak setelah berkembang akan dirubah namanya menjadi Sidney yang selain merupakan kota tertua juga menjadi kota terbesar di Australia sampai saat ini.
Rombongan pertama inilah stok pertama masyarakat New South Wales. Dengan melihat komposisi masyarakat sekitar 1.500 orang jelas bahwa kenyataannya (paling tidak pada taraf permulaan), koloni New South Wales dibuka sebagai tempat pembuangan atau penalstlement . keadaan seperti ini sangat mempengaruhi gerak kemajuan koloni itu, terutama pada tahap-tahap awal.
Perlu di ketahui bahwa para Deportan yang dikirim ke Asutralia pada tanggal 26 Januari 1788 memang bukanlah kolonis-kolonis Pioner yang memiliki keterampailan bidang pertanian. Oleh karena itu tahun-tahun pertama kehidupan mereka di daerah baru dilewati dengan berat. Selama beberapa tahun karena usaha pertanian gagal, nasib mereka sepenuhnya tergantung dari kiriman yang didatangkan dari Inggris. Bila kapal-kapal yang membawa perbekalan makanan terlambat datang, sering kebutuhan hidup mereka selama berbulan-bulan di jatah dan lauk mereka hanya berupa daging yang telah di awetkan.
Jadi tanggal 26 januari 1788 yaitu tanggal di mulainya pemukiman para kolonis di Australia kemudian oleh bangsa Asutralia diperingati dan dirayakan sebagai hari lahirnya Australia ( The Australia Day ) serta di peringati juga sebgai hari Nasional. Seperti peringatan yang diadakan pada tanggal 26 januari 1990 yang lalu secara besar-besaran dan sempat memperoleh ancaman dan tantangan keras dari Aborigin , pemukim asli benua Australia.